Stres yang tidak dapat dikendalikan dapat menimbulkan berbagai gejala seperti nyeri kepala, nyeri perut, gangguan tidur, depresi, dan banyak gejala lainnya. Agar dapat terhindar dari efek stres ini, simak cara mengatasi stres dibawah ini.

Cara mengatasi stres yang baik adalah dengan menemukan penyebab stres dan mempelajari cara mengelola stres. Mengingat penyebab stres pada setiap orang dapat berbeda-beda, cara mengatasi stres yang cocok untuk setiap orang juga mungkin dapat berbeda-beda.

Berikut adalah cara mengatasi stres dengan manajemen stres yang dapat Anda coba:

Baca juga: Tips Mencegah Gangguan Mata Akibat Polusi Udara

  • Olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat memberi manfaat pada kondisi mental dan fisik seseorang dan dapat mengurangi stres.
  • Mengurangi asupan alkohol, obat-obatan, dan kafein. Zat-zat ini dapat memperburuk stres.
  • Memerhatikan asupan nutrisi. Pola makan yang sehat dan seimbang dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada saat stres. Hal ini berguna untuk mencegah stres bertambah parah dan mencegah gangguan fisik.
  • Menentukan skala prioritas. Luangkan waktu untuk menyusun daftar berbagai tugas dan kegiatan dari mulai yang paling penting. Fokus menjalani kehidupan sesuai dengan skala prioritas yang Anda susun, agar hal-hal penting tidak terlewatkan.
  • Luangkan waktu untuk ‘me time’. Anda memerlukan waktu untuk diri sendiri yang dapat Anda manfaatkan untuk rileks dan melakukan hal yang Anda sukai.
  • Berlatih pernapasan dan relaksasi. Meditasi, pijat, dan yoga dipercaya dapat membantu mengurangi stres. Teknik pernapasan dan relaksasi dapat membuat Anda lebih rileks.
  • Berbicara dengan orang di sekitar Anda. Menceritakan apa yang Anda rasakan dan khawatirkan pada keluarga maupun teman dapat meringankan stres yang Anda rasakan. Anda tidak akan merasa sendiri dan bukan tidak mungkin bisa mendapatkan solusi dari masalah yang Anda alami.
  • Kenali tanda-tanda stres. Terkadang karena rasa cemas yang berlebihan terhadap suatu masalah, kita jadi tidak menyadari bahwa masalah tersebut telah menyebabkan perubahan pada tubuh kita.
  • Mencari tahu penyebab stres dan mencari solusi. Memerhatikan gejala dan menemukan penyebab stres dapat menjadi langkah baik untuk dapat mengatasi stres. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda akan lebih mudah untuk mengambil langkah yang pasti untuk mengurangi stres.
  • Ketahui apa yang dapat mengurangi stres Anda. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasi stres. Temukanlah hal positif yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres Anda, sehingga Anda tahu harus berbuat apa ketika stres mungkin menyerang.

Stres memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian besar stres dapat dikendalikan dengan manajemen stres. Apabila stres mengganggu kehidupan Anda sehari-hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Klinik Sunter support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 6504226, 65302051