Jika kita berbicara tentang nasi merah, maka hal pertama yang akan terpikirkan biasanya adalah nasi yang cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang dalam program diet. Kandungan seratnya yang tinggi disebut-sebut bisa membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, apakah benar jika rutin makan nasi merah juga bisa membantu menurunkan kolesterol?

Manfaat Makan Nasi Merah bagi Kadar Kolesterol Tubuh

Pakar kesehatan menyebut di dalam nasi merah terdapat kandungan asam gamma aminobutyric atau GABA yang bisa membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol. Selain itu, di dalam nasi merah juga tinggi kandungan serat yang bisa membantu mengikat lemak dan kolesterol di dalam saluran pencernaan. Hal ini tentu akan mencegah tubuh menyerap kandungan makanan yang tidak sehat tersebut.

Baca juga: Manfaat Kacang Mede yang Jarang Diketahui

Melihat fakta ini, anggapan bahwa rutin makan nasi merah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol bisa dianggap sebagai sesuatu yang benar. Hal ini juga bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari rutin makan nasi merah adalah mampu membuat kesehatan tulang semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan mineral yang tinggi di dalamnya. Kandungan mineral ini adalah magnesium dam kalsium yang bisa mendukung kesehatan tulang dan persendian. Hal ini berarti, rutin mengonsumsi nasi merah bisa membantu menurunkan risiko terkena masalah radang sendi dan osteoporosis.

Nasi merah juga termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Hal ini berarti, mengonsumsinya tidak akan membuat kadar gula darah naik. Ditambah dengan kadar seratnya yang sangat tinggi, rutin makan nasi merah akan menjaga kadar gula darah dalam kondisi seimbang. Hal ini tentu bisa membantu mencegah datangnya diabetes. Penderita penyakit ini juga bisa mencegah datangnya komplikasinya.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Sunter support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 6504226, 65302051