Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Manfaat Daun Jambu Biji

5 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

1. Mengobati Diare

Diare adalah kondisi sistem pencernaan yang tidak terkontrol sehingga membuat buang air besar secara berlebihan dan menyebabkan sakit perut yang cukup intens.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan daun jambu biji.

caranya :

  • Ambilah 5 lembar daun biji, 1 potong akar pohon jambu biji, 1 potong batang kecil pohon jambu biji.
  • Rebuslah semua bahan tersebut ke dalam 1.5 liter air sampai mendidih, saring airnya kemudian minum 2 kali sehari.
  • Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati diare dengan daun jambu, yaitu kunyah daun jambu biji yang masih muda yang sudah ditambahkan garam, telan airnya dan buang ampasnya.

2. Mengobati Masuk Angin

Sesuai dengan namanya, penyakit masuk angin disebabkan tubuh merasakan terlalu banyak angin di dalamnya. Karena angin tersebut tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk gas atau ketut, akibitanya perut akan terasa kembung, begah, mual dan muntah-muntah. Untuk mengobati masuk angin bisa dilakukan dengan menggunakan daun jambu,

caranya :

  • Ambilah 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 3 buah asam jawa, 1 potong gula merah / gula aren, 1 buah cabai merah dan garam secukupnya.
  • Rebuslah semua bahan-bahan tersebut ke dalam panci yang berisi air sebanyak 1 liter, biarkan hingga mendidih, saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

3. Mengobati Penyakit Maag

Penyakit maag disebabkan karena produksi asam lambung tidak terkontrol sehingga lambung menjadi nyeri dan sakit. Penyakit maag dapat diobati menggunakan daun jambu,

caranya :

  • Ambilah daun jambu biji muda sebanyak 8 lembar, rebuslah daun tersebut dengan 1 ½ gelas air hingga mendidih, setelah dingin saring dan minum airnya.

4. Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang sering terjadi di dalam mulut, terutama pada bibir bagian dalam. Walaupun merupakan penyakit ringan, sariawan harus segera diatasi agar proses makan dan minum tidak terganggu. Inilah cara membuat ramuan jambu biji untuk mengobati sariawan.

caranya :

  • Siapkan 1 genggam daun jambu biji yang masih muda dan 1 potong kulit batang jambu biji.
  • Rebuslah semua bahan tersebut menggunakan 2 gelas air hingga mendidih, kemudian saring dan minum 4 jam sekali sampai sembuh.

5. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah atau DBD merupakan jenis penyakit yang serius, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini, yaitu dengan menggunakan ramuan daun jambu biji. Adapun caranya adalah

caranya :

  • Ambilah daun jambu biji sebanyak 5 lembar dan rebuslah dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih.
  • Saring, kemudian minum airnya 4 jam sekali hingga sembuh
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - Klinik Sunter support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 6504226, 65302051