Kentut adalah aktivitas yang biasa kita lakukan demi membuang gas di dalam perut. Hanya saja, terkadang kita terpaksa menahannya karena merasa tidak nyaman untuk membuangnya di depan orang lain. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika bisa membuang kentut.

Aromanya memang tidak sedap. Bahkan, ada yang menganggap suaranya menjijikkan, namun dalam realitanya kentut termasuk dalam salah satu bagian yang penting bagi sistem pencernaan kita. Jika kita bisa melakukannya dengan lancar, hal ini menandakan bahwa sistem pencernaan kita berfungsi dengan baik.

Berikut adalah berbagai manfaat membuang kentut untuk kesehatan.

  1. Menandakan Bahwa Apa yang Kita Konsumsi Adalah Makanan Sehat

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dengan membuang kentut adalah menandakan bahwa kita sudah mengonsumsi makanan dengan kadar nutrisi yang seimbang. Jika kita mengonsumsi makanan dengan kandungan serat dan protein tinggi misalnya, maka biasanya akan membuat produksi gas kentut lebih banyak.

Selain itu, beberapa jenis makanan berkarbohidrat yang bisa memberikan energi juga cenderung bisa membuat kita lebih mudah mengeluarkan kentut.

  1. Mengatasi Sakit Perut

Manfaat kentut lain yang bisa kita rasakan adalah menurunkan rasa nyeri pada perut. Tanpa kita sadari, saat makan, kita menelan gas dalam jumlah yang cukup banyak. Apalagi jika sampai kita makan sambil mengobrol. Penumpukan gas ini bisa menyebabkan sensasi sakit atau nyeri di dalam perut.

Jika kita kentut, maka gas tersebut bisa terbuang dari dalam tubuh sehngga membuat tekanan di dalam perut berkurang. Hal inilah yang kemudian membuat rasa sakit pada perut berkurang dengan signifikan.

Baca juga: Buah Pir Bisa Mencegah Diabetes? Simak Disini!

  1. Bisa Mendeteksi Alergi Makanan

Terkadang, kita bisa mengalami gejala kesehatan setelah mengonsumsi makanan tertentu. Sebagai contoh, kita bisa mengalami diare, sakit perut, kembung, dan lain-lain. Hal ini bisa jadi menandakan adanya alergi pada makanan tertentu. Selain itu, terkadang alergi makanan juga bisa membuat kita mengeluarkan kentut dengan sensasi atau aroma tertentu.

Jika kita sering mengalami gejala kentut yang sama setelah mengonsumsi makanan tertentu, ada baiknya kita menurunkan atau menghindari makanan-makanan tersebut demi mencegah datangnya gangguan pencernaan.

  1. Menandakan Kondisi Pencernaan

Di dalam saluran pencernaan kita terdapat bakteri baik dan bakteri jahat. Jika jumlah bakteri baik lebih banyak, tentu akan membuat saluran pencernaan berjalan dengan baik dan meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini biasanya juga disertai dengan produksi gas kentut yang lancar.

  1. Mencegah Datangnya Masalah Kesehatan Tertentu

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan menahan kentut ternyata bisa memberikan efek kesehatan yang buruk bagi usus, lambung, atau bagian pencernaan lainnya. Risiko terkena diverkulitis pun akan meningkat.

Sebagai informasi, diverkulitis adalah kondisi yang membuat usus besar mengalami peradangan atau infeksi. Jika tak kunjung ditangani, bisa memicu perdarahan, penyumbatan, atau bahkan pecah pada usus besar.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Sunter support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 6504226, 65302051