Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Mungkin Anda pernha bertanya sebaiknya boleh tidak minum saat kita makan? Karena beberapa orang meyakini bahwa minum selagi makan itu seharusnya tidak dilakukan. Lebih baik minum setelah acara makan selesai. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa minum di tengah-tengah makan akan mengencerkan asam lambung sehingga sulit mencerna makanan.

Bernarkah demikian, Mana yang lebih baiknya? Minum air putih di tengah-tengah makan berbahayanya bagi tubuh, atau hanya mitos belaka?

Secara ilmiah, proses pencernaan sudah dimulai bahkan sebelum kita makan makanan. Ketika mulut memproduksi banyak air liur sebelum makanan masuk ke mulut. Ketika makana dikunyah, air liur akan membantu menghaluskan makanan sehingga lebih mudah dicerna lambung.

Ketika makanan berada di lambung dan bercampur dengana sam lambung, perut butuh waktu empat jam lamanya untuk mencerna makanan. Sedangkan air, tidak akan bertahan selama itu di dalam perut. Ketika kamu minum air, hanya butuh 10 menit saja bagi air untuk melalui sistem pencernaan.

Air tidak akan bertahan menjadi ‘kubangan’ di dalam lambung dan mengganggu pencernaan seperti yang dipikirkan banyak orang. Sebaliknya, air hanya akan lewat di antara makanan, menyisakan sedikit air agar makanan tidak terlalu padat sehingga bisa membantu melancarkan, dan meninggalkan perut dengan segera.

Air juga tidak akan menetralkan asam lambung ketika itu terjadi. Karena ketika merasa tidak mampu mencerna makanan, maka dengan alami lambung akan memproduksi lebih banyak enzim dan meningkatkan keasaman sehingga bisa mencerna makanan dengan baik.

Penelitian yang diterbitkan dalam Food Science dengan judul Disintegration of Solid Foods in Human Stomach juga menyebutkan bahwa lambung akan segera menyesuaikan diri jika air menetralkan asam lambung. Dengan kata lain, air tidak mengganggu proses pencernaan.

Lalu apakah minum di tengah-tengah makan itu tidak baik? Jawabannya, tidak. Selain air putih membantu melancarkan pencernaan karena membuat makanan tidak terlalu padat, air juga memebantu metabolisme yang baik di tubuh.

source: vemale.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - Klinik Sunter support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 6504226, 65302051