Penderita osteoporosis atau pengeroposan tulang biasanya diminta untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman berkalsium seperti produk susu. Hal ini ditujukan agar kekuatan dan kepadatan tulang bisa semakin ditingkatkan. Hanya saja, mereka ternyata juga sangat disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis buah tertentu, lho.

Manfaat bagi Penderita Osteoporosis

Pakar kesehatan Michael Greger dari Amerika Serikat menyebut penderita osteoporosis haruslah menjaga pola makannya agar lebih sehat. Tak hanya dengan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi, sebaiknya memperbanyak asupan sayur dan buah yang memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tulang.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Singapore Chinese Health Study menghasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsinya bisa membuat kepadatan tulang membaik dan risiko terkena patah tulang pinggul bisa diturunkan dengan signifikan.

Penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya di dalam jurnal PLOS One menghasilkan fakta bahwa sayur dan buah bisa membuat risiko terkena osteoporosis bisa diturunkan dengan signifikan pada mereka yang sudah berusia paruh baya atau lanjut usia.

Buah yang direkomendasikan bagi penderita osteoporosis di dalam buah-buahan terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini bisa melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa memicu penurunan kepadatan tulang.

Baca juga: Masker Kulit Kering dan Cara Memakainya

Berikut adalah berbagai macam buah yang sangat direkomendasikan bagi penderita osteoporosis.

  1. Buah Jeruk

Jeruk tak hanya tingi kandungan vitamin C. Dalam realitanya, rutin mengonsumsi buah dengan kombinasi rasa manis dan asam ini bisa menyediakan kalsium dalam jumlah yang tinggi, yakni sekitar 300 hingga 325 mg untuk setiap porsinya. Jumlah ini setara dengan 15 persen kebutuhan kalsium harian.

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi ternyata juga bisa memberikan pengaruh besar bagi kepadatan tulang pada kaum hawa. Diduga, hal ini bisa membantu penyerapan kalsium pada tulang dengan lebih maksimal.

  1. Buah Kiwi

Kiwi tidak termasuk dalam buah lokal Indonesia sehingga penggemarnya tidak begitu banyak. Hanya saja, bagi mereka yang menderita osteoporosis atau berisiko lebih besar terkena masalah kesehatan ini, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsinya demi mencegah datangnya gangguan pada tulang. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C dan magnesium di dalamnya.

Kandungan lain yang bisa ditemukan di dalam kiwi adalah vitamin, mineral, kalsium, dan berbagai macam nutrisi sehat lainnya yang terbukti bisa membuat risiko terkena patah tulang atau pengeroposan tulang bisa diturunkan.

  1. Buah Pisang

Buah pisang yang dikenal luas cocok bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan ini ternyata juga sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang menderita osteoporosis. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Osteoporosis International, disebutkan bahwa kandungan kalium yang tinggi di dalamnya bisa membuat kepadatan mineral tulang semakin membaik.

Kandungan antioksidannya yang tinggi juga bisa melawan paparan buruk radikal bebas bagi kesehatan tulang.

  1. Pepaya

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Rejuvenation Research menghasilkan fakta bahwa kandungan di dalam pepaya bisa mengatasi stres oksidatif dan paparan buruk radikal bebas yang bisa membuat tulang menjadi semakin lemah. Kandungan karotenoid di dalam pepaya bisa memberikan manfaat yang serupa. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsinya secara langsung.

  1. Nanas

Buah nanas ialah buah lokal yang menyegarkan ini tinggi kandungan vitamin C, mangaan, kalium, serta magnesium yang bisa memaksimalkan penyerapan vitamin D dan kalsium. Magnesium juga bisa memberikan dampak menjaga kondisi kesehatan dan menurunkan risiko kerusakan tulang bersama dengan kelenjar tiroid.

Baca juga: Penyebab, Faktor hingga Gejala Alergi Dingin

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Sunter support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 6504226, 65302051