Obat sariawan alami, selain menggunakan obat-obatan medis, cara mengobati sariawan juga bisa dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami. Berikut ulasan selengkapnya!

  1. Kumur dengan Air Garam

Cara mengatasi sariawan dengan cepat secara alami salah satunya dengan menggunakan larutan garam.

Anda mungkin akan merasakan ketidaknyamanan pada area mulut yang terdapat sariawan saat berkumur dengan air garam. Akan tetapi, hal ini akan terbayarkan manakala sariawan yang Anda alami lebih cepat sembuh.

  1. Baking Soda

Sariawan terjadi ketika ada peradangan (inflamasi) pada mulut. Nah, salah satu obat sariawan alami yang memiliki khasiat untuk mengatasi radang adalah baking soda.

Selain itu, baking soda juga berperang penting dalam mengembalikan keseimbangan pH di dalam mulut. Dengan begitu, sariawan diharapkan lebih cepat sembuh.

Anda bisa mengoleskan baking soda pada luka sariawan, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 detik. Lakukan cara ini secara rutin 1-2 kali sehari sampai sariawan hilang.

Baca juga: Alasan Jangan Menahan Kentut

  1. Konsumsi Buah Mengandung Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Konsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi Vitamin C seperti kiwi, jeruk, lemon, stroberi dapat mempercepat sembuhnya sariawan.

  1. Yogurt

Sariawan kemungkinan juga disebabkan oleh bakteri H. pylori maupun radang usus. Nah, sebuah studi yang dirilis pada tahun 2007 menemukan fakta bahwa baik bakteri H. pylori maupun radang usus dapat diatasi dengan agen probiotik.

Jika demikian, maka cara mengobati sariawan juga bisa dengan mengonsumsi probiotik, salah satunya adalah yogurt. Kendati hal ini belum dapat dipastikan, tidak ada salahnya Anda yang kini tengah sariawan minum yogurt dan buktikan hasilnya.

  1. Madu

Bahan alami lainnya yang diklaim efektif untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat adalah madu.

Keampuhan madu dalam mengobati sariawan ini tak lepas dari fakta bahwa kandungan zat di dalamnya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Hal tersebut lantas diamini oleh sebuah studi yang dirilis pada tahun 2014. Dalam studi tersebut, dikatakan bahwa madu cukup efektif untuk menghilangkan sariawan.

Cara mengatasi sariawan dengan madu sangat mudah. Anda tinggal mengoleskan madu pada sariawan secara rutin 1-2 kali sehari sampai sariawan benar-benar sembuh.

  1. Minyak Kelapa

Studi telah menemukan fakta bahwasanya minyak kelapa memiliki kandungan zat yang bersifat antimikroba.

Atas dasar bukti ilmiah ini, menjadikan minyak kelapa sebagai cara mengobati sariawan mungkin akan menghasilkan dampak yang signifikan. Oleskan minyak kelapa pada sariawan secara rutin 2-3 kali sehari sampai sariawan hilang.

  1. Minum teh Chamomile dengan Madu

Chamomile dan madu telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya sebagai cara mengobati sariawan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Madu mungkin memiliki sifat antiseptik dan dapat diaplikasikan langsung ke sariawan. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh chamomile, yang harus didinginkan sebelum diminum.

Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi. Seseorang dapat menggunakan chamomile sebagai obat sariawan, dengan menyeduh teh chamomile dan menggunakannya untuk berkumur setelah didinginkan. Selain itu, cara menghilangkan sariawan dengan teh chamomile bisa dilakukan dengan cara merendam kantong teh chamomile dalam air hangat dan langsung dioleskan ke area sariawan.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Sunter support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 6504226, 65302051